PERJUSA SMPN 8 PARENGGEAN

  • Jul 17, 2023
  • DWIYUNI FENAYATI
  • CEMPAKA PUTIH, TUALAN HULU, SMPN 8 PARENGGEAN, MPLS

Cempaka Putih - SMPN 8 PARENGGEAN, Jl. Jalur 3 SP 6 H Desa Cempaka Putih telah melaksanakan kegiatan PERJUSA. Perkemahan Jumat Sabtu ini dilaksanakan mulai hari Jumat (14/7) sampai Sabtu (15/7).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi seluruh peserta didik Tahun Ajaran 2023/2024. Jumlah peserta yang mengikuti PERJUSA sebanyak 41 orang. Terdiri dari dewan guru sebagai Pembina, sebanyak 11 orang. Dan peserta didik dari kelas VII-IX sebanyak 30 siswa. Siswa-siswa ini terbagi dalam 2 regu putra dan 1 regu putri.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan Pramuka dan dilanjutkan mendirikan tenda. Setelah ISHOMA para Pembina dan Peserta didik melaksanakan latihan upacara api unggun dan persiapan PENSI. Pada saat latihan, tiba-tiba turunlah hujan dengan sangat deras. Hal tersebut tidak membuat kecewa peserta didik, justru mereka lebih bersemangat membuat parit di tenda masing-masing. Agar air tidak masuk ke dalam tenda. Berhubung hujan semakin deras, Pembina meminta peserta didik memasukan barang-barang mereka ke dalam kelas.

Setelah magrib hujan masih berlanjut. Dewan guru mengatur strategi karena kegiatan tidak bisa dilanjutkan di lapangan. Sambil menunggu hujan reda, untuk mengisi waktu, ditampilkanlah PENSI di dalam kelas. Ada regu yang menampilkan tarian, puisi, sesuai dengan ide kreatif masing-masing regu. PENSI yang ditampilkan oleh perwakilan masing-masing regu sangat menghibur.

Setelah hujan reda, peserta kemah turun ke lapangan untuk melaksanakan upacara api unggun. Akan tetapi, ketika api unggun mulai terbakar hujan kembali turun dengan tiba-tiba. Akhirnya  semua peserta kembali ke kelas, menunggu waktu melanjutkan kegiatan Jerit Malam.

Jerit malam dimulai pukul 22.00 di saat hujan semakin deras. Suasana mendukung dan lampu-lampu sudah dipadamkan. Kegiatan jerit malam berlangsung selama 1 jam. Pada pukul 23.00 peserta didik dipersilahkan untuk beristirahat di dalam kelas. Tenda di lapangan dibiarkan kosong, karena tidak memungkinkan untuk digunakan.

Kegiatan hari Sabtu (15/7) pagi hari dimulai dengan lomba masak. Dilanjutkan dengan kegiatan mencari jejak yang mana peserta harus melewati 6 pos. Di masing-masing pos ada tantangan tersendiri diantaranya menampilkan yel-yel, penyamaran, Sandi Napoleon, Barkode, Tandu, dan haling rintang. Setelah menyelesaikan haling rintang, peserta kemah kembali ke tenda untuk kerja bakti dan penutupan PERJUSA.