KAMPANYE MONOLOGIS PENYAMPAIAN VISI DAN MISI CALON KADES CEMPAKA PUTIH

  • Sep 19, 2023
  • Admin Desa Cempaka Putih
  • PILKADES, CEMPAKA PUTIH

CEMPAKA PUTIH  ΜΆ  Panpilkades Cempaka Putih melaksanakan tugas tahapan demi tahapan pemilihan Kepala desa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Panitia Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur. Pada hari Selasa (19-09-2023), di Kantor KUD Suka Maju, Panpilkades menyelenggarakan Kampanye umum dalam rangka Penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa Cempaka Putih Periode 2023-2029. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Panitia Pilkades, Panwas Pilkades, Plt. Kepala Desa dan Perangkat Desa,  Ketua dan Anggota BPD, Bhabinkamtibmas, Calon Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh Masyarakat, serta Masyarakat pendukung calon kades.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas dan Sambutan Plt Kepala desa. Inti dari sambutan masing-masing adalah untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban supaya kegiatan berjalan dengan lancar, kondusif sampai dengan selesai. Agar pendukung tiap calon tidak ada yang saling menjatuhkan. Siapapun yang terpilih harus didukung program kerjanya. Karena tiap calon mempunyai tujuan yang sama, yaitu membangun Desa Cempaka Putih.

Calon Kades nomor urut tiga yaitu Bapak Tohari mendapat kesempatan pertama. Beliau merupakan calon Kades yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa di tahun-tahun awal Desa Cempaka Putih definitif. Dalam penyampaian visi dan misinya beliau menyampaikan bahwa jika dipercaya menjadi Kepala Desa Cempaka Putih ingin mewujudkan desa yang transparan dalam anggaran. Melanjutkan program Kepala Desa periode sebelumnya. Dan melaksanakan pembangunan desa secara bermusyawarah dan gotong royong.

Calon kades nomor urut dua yaitu Bapak Daenuri mendapat kesempatan kedua dalam menyampaikan visi dan misi. Beliau menyampaikan jika terpilih menjadi Kepala Desa, akan mengabdikan diri kepada Masyarakat. Serta melanjutkan program yang ada di desa. Untuk menjadikan desa lebih baik dan lebih bagus lagi. Kejujuran dan transparan. Akan selalu berkomunikasi dengan pejabat daerah seperti DPR dan perusahaan sekitar untuk mempercepat pembangunan. Ingin membuat spot untuk anak muda seperti Karang Taruna, menyediakan ruang untuk ibu pkk dan bibit tanaman serta hewan ternak. Bapak Daenuri ini pernah menjabat sebagai Anggota BPD di Desa Cempaka Putih pada periode 2015-2020. Tetapi pada tahun 2016 beliau mengundurkan diri dari keanggotaan BPD dikarenakan berpartisipasi dalam pencalonan Kepala Desa.

Calon kades nomor urut satu yaitu Bapak Abdurrahiem mendapat kesempatan terakhir dalam penyampaian visi dan misi calon Kepala Desa. Beliau merupakan calon kades petahana. Pernah menjabat sebagai Ketua BPD sekitar tahun 2007-2009. Beliau telah menjabat sebagai Kepala Desa sebanyak dua periode. Periode pertama yaitu tahun 2010-2015 dan periode kedua pada tahun tahun 2017-2023. Visi dan misi beliau adalah melanjutkan program kerja yang belum selesai dalam kepemerintahan sekarang secara bertahap dan menyeluruh. Prioritas kerja di masa mendatang adalah membangun polindes, gedung TK, jembatan RT. 003-007 dan Jembatan RT.002-006, melanjutkan pembinaan terhadap perangkat desa, menjaga sinergitas perangkat dan lembaga.

setelah penyampaian visi dan misi, para calon kades diuji dengan pertanyaan dari moderator. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya.

  1. Gagasan yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan jangka Panjang jika terpilih menjadi kepala desa
  2. Cara meningkatkan pendapatan asli desa
  3. Prioritas untuk mendukung kegiatan karang taruna
  4. Cara meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan di desa.

Diakhir acara diadakan deklarasi damai antarcalon kades. yang ditandatangani oleh masing-masing calon. Serta disaksikan oleh semua yang hadir. Setelah sesi foto-foto, masyarakat membubarkan diri ddengan tertib.

Acara kampanye calon kades telah selesai. Setelah masa tenang, tahapan selanjutnya adalah Pemungutan dan perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu (23-09-2023). Masyarakat Desa Cempaka Putih diharapkan berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya. Golput Bukan Solusi. Visi dan misi serta jawaban dari masing-masing calon semestinya bisa menjadi bahan pertimbangan masyarakat Desa Cempaka Putih dalam memilih Pemimpin. Tentunya pilihan yang sesuai dengan hati nurani.