PEMDES CEMPAKA PUTIH SALURKAN BLT DESA TAHAP III TAHUN 2023

  • Sep 07, 2023
  • Admin Desa Cempaka Putih
  • BLT DESA, CEMPAKA PUTIH

Cempaka Putih - Pemerintah Desa Cempaka Putih salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap III pada Rabu (6/9/2023). Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB di Balai Kemasyarakatan Desa Cempaka Putih. Penyaluran BLT Tahap III ini didampingi oleh BPD.

BLT Desa disalurkan kepada 20 KPM. Masing-masing KPM mendapatkan uang sebesar Rp900.000,- dikarenakan penyaluran sekaligus 3 bulan. Yaitu Bulan Juli, Agustus dan September. BLT ini merupakan komitmen Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa. Yang mana, diperuntukkan bagi warga yang tidak tersentuh bantuan, serta memang betul-betul membutuhkan, keadaan ekonomi mereka yang sangat terdampak akibat wabah pandemi Covid-19, dan dipergunakan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Dalam penyaluran BLT kali ini, satu orang KPM atas nama Ibu Humayah, tidak bisa hadir dikarenakan sedang sakit keras. Juga tidak ada keluarga yang bisa mewakili dalam pengambilan BLT. Sehingga, Kaur Umum sebagai perwakilan Pemerintah Desa dan salah satu anggota BPD, yang mendatangi kediaman yang bersangkutan. Guna menyerahkan dana BLT. Selain itu, ada tiga orang KPM yang juga tidak bisa hadir dalam setiap penyaluran BLT. Mereka adalah Ibu Rokayah, Ibu Satuni, dan Ibu Samini. Selain karena usia yang sudah sepuh, keadaan kesehatan mereka yang tidak memungkinkan untuk bisa mengambil BLT secara langsung. Ibu Rokayah keadaan beliau yang obesitas, membatasi ruang gerak untuk bepergian. Ibu Satuni menderita ganguan mental tingkat ringan, yang membuatnya susah untuk berinteraksi dengan orang lain. Ibu Samini menderita patah tulang, yang menyebabkan beliau tidak bisa kemana-mana. Pengambilan BLT untuk tiga orang KPM tersebut diwakilkan oleh anak masing-masing.

Dalam acara penyaluran BLT, selain di hadiri oleh KPM BLT dan BPD, hadir juga ketua RT/RW serta anggota-anggota kelembagaan yang ada di desa. Ini dikarenakan selain penyaluran BLT, Pemerintah Desa juga melaksanakan rapat kerja bersama lembaga-lembaga yang ada di desa. Rapat kerja merupakan agenda rutin setelah Pemerintah Desa mencairkan dana APBDes. Dalam rapat disampaikan sejauh mana realisasi penggunaan Dana APBDes dan kegiatan-kegiatan yang akan dikerjakan selanjutnya.

Selain untuk BT Desa, Dana APBDEs yang telah dicairkan di tahap ini akan digunakan untuk:

  1. Pembayaran BPJS ketenagakerjaan untuk Pemerintah Desa, BPD serta RT/RW yang akan dilunasi sampai dengan bulan Desember Tahun 2023,
  2. Operasional kegiatan Pilkades,
  3. Dana lebaga-lembaga yang didanai oleh Dana Desa seperti pembayaran honor kader Posyandu, honor kader Posbindu, honor KPM, honor Sopir Ambulance, honor Guru PAUD, honor Guru TK dan honor Guru TPA, beserta operasional kegiatannya,
  4. Pembayaran rehabilitasi jembatan RT.003-007 tahap II,
  5. Pengadaan perlengkapan kantor Desa, dan
  6. Pengadaan perlengkapan Balai Kemasyarakatan Desa