PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DESA CEMPAKA PUTIH TAHAP II TAHUN 2023

  • Apr 18, 2023
  • Admin Desa Cempaka Putih
  • BLT DESA, CEMPAKA PUTIH, TUALAN HULU, BPD

Pemerintah Desa Cempaka Putih telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa untuk Bulan April tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 18 April 2023 pukul 09.00 WIB di Balai Kemasyarakatan Desa Cempaka Putih. Selain Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT, terlihat Babinsa dan Juga BPD Cempaka Putih turut hadir menyaksikan penyaluran BLT Tahap II ini.

"Untuk memenuhi Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan, Pemerintah Desa menganggarkan Bantuan Langsung Tunai, sebagai salah satu upaya mengentaskan kemiskinan di Desa. BLT ini kami salurkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, yang masuk dalam kategori miskin extrem, sakit menahun, dan keluarga lanjut usia. Disalurkan setiap Bulan selama tahun 2023. Untuk Desa Cempaka Putih sendiri BLT disalurkan kepada 20 KPM. Pada awal bulan April ini ada 1 KPM yang meninggal yaitu Dadong (Ni Nyoman Raim), Kami turut berduka atas meninggalnya beliau. Lalu Kami Bersama BPD telah melaksanakan Musdesus Perubahan KPM. Di dapat kesepakatan bahwa Pak Jae sebagai gantinya Dadong. Sehingga jumlah KPM Desa Cempaka Putih yang hari ini menerima BLT tetap 20 orang. Semoga Bantuan yang Kami berikan bisa membantu Bapak dan Ibu sekalian" demikian sambutan Kepala Desa Cempaka Putih sebelum menyalurkan bantuan.

Penyaluran BLT berlangsung tertib. KPM BLT dipanggil per 5 orang untuk mendapatkan uang tunai sebesar Rp300.000,- per KPM. Setelah mendapatkan uang tunai, dilakukan foto bersama antara KPM, Babinsa, Kepala Desa serta BPD. Kemudian KPM BLT menandatangani bukti tanda terima bantuan. Foto dan Tanda Terima Penyaluran BLT adalah dokumen penting yang harus ada dalam Laporan Penyaluran BLT, karena Pemerintah Desa Cempaka Putih menyalurkan BLT dengan metode penyaluran Tunai.