DAPAT SEHATNYA DAPAT HADIAHNYA

  • Jun 25, 2023
  • Admin Desa Cempaka Putih
  • MMD, SMD, GERMAS, JALAN SEHAT, CEMPAKA PUTIH

Cempaka Putih – Kegiatan Jalan Sehat Perdana digelar di Desa Cempaka Putih, kecamatan Tualan Hulu, Minggu (25/6). Jalan sehat diikuti oleh seluruh lapisan warga desa. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama dalam Musyawarah Masyarakat Desa pada Bulan Mei. Yang mana berdasarkan hasil Survey Mawas Diri terdapat 63% keluarga yang sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik. Dengan adanya Jalan Sehat, yang rencananya akan dilakukan rutin setiap bulan, diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk lebih aktif melakukan aktivitas fisik.

Panitia yang belum terorganisir dengan baik. Perlengkapan yang belum dipersiapkan sebelumnya. Seperti sound system, mesin genset yang harus dicari dulu keberadaannya, bahan bakar mesin yang belum tersedia, serta mikropon dan batrenya. Membuat pelaksanaan jalan sehat molor dari yang jam yang sudah dijadwalkan.

Kekurangan dan kendala tidak mengurangi antusias dan keseruan pelaksanaan jalan sehat. Sejak pukul 05.30 wib peserta sudah berdatangan. Peserta jalan sehat, tua-muda, pria-wanita, anak- anak dan orang tua, yang sudah mandi yang belum mandi, memenuhi halaman Kantor Desa Cempaka Putih sebagai titik start berkumpul.

Sebelum jalan, diadakan senam terlebih dahulu. Senam ini sebagai pemanasan. Untuk menghindari kram atau keseleo pada saat jalan sehat. Senam dipimpin oleh ibu-ibu Kader Kesehatan Desa.

Rute jalan sehat kali ini adalah dimulai dengan titik start dari halaman Kantor Desa. Keluar, jalan poros RT. 010, belok Kiri. Masuk RT. 009 belok Kiri. Lurus sampai lokasi Agrowisata. Masuk Jalan RT. 007 belok Kiri, sampai RT. 003 Tran Lama. Lalu belok Kiri, lurus masuk RT. 006. Rehat untuk pembagian Kupon di Tugu depan Rumah Pak Mono. Lalu kembali ke kantor desa.

Pengundian hadiah berlangsung seru, dipandu oleh Bapak Suwito, Kepala SDN 1 Cempaka Putih. Acara dilaksanakan di halaman kantor Desa Cempaka Putih. Peserta duduk, rehat sambil memperhatikan kupon masing-masing. Harap-harap nomor yang ditangan beruntung mendapat hadiah yang telah disediakan. Hadiah yang disediakan pada Jalan Sehat perdana ini adalah 1 buah kipas angin, 1 buah setrika, 1 buah penanak nasi, 3 set teko set, 2 buah baskom, 5 bungkus sabun cuci baju, 3 buah serokan, 1 buah botol minum, 2 set gantungan baju, 2 buah wajan kecil, dan 1 buah wajan besar.

“Selain hadiah yang diundi, hadiah diperbanyak ada untuk anak-anak mulai PAUD, TK, SD, sampai SMP. Tanpa diundi. Jadi mereka pulang enggak tangan kosong. Bisa buku atau pulpen, sederhana aja tapi merata. Jam lima kurang lima belas menit perangkat udah datang. Jam lima atau setengah enam mulai senam atau udah jalan,” saran dari Bapak Suwito, setelah selesai memandu pengundian hadiah.

selamat kepada para peserta yang mendapat hadiah. Yang belum mendapat hadiah tetap semangat.  Dinantikan partisipasi seluruh masyarakat pada jalan sehat bulan depan. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui no. hp. 0853-4512-9138 (Yuyun Sumarni) atau 0857-0574-0765 (Ni Desak Putu Desy Suciyanti)